KXSF, Stasiun Radio Baru Dengan Sikap Akrab Yang Sudah Tayang

KXSF, Stasiun Radio Baru Dengan Sikap Akrab Yang Sudah Tayang –┬áKetika KUSF tiba-tiba dicabut pada tahun 2011, San Francisco kehilangan outlet penting untuk musik dan pemrograman komunitas yang bersumber secara lokal. Namun berkat kerja keras beberapa mantan DJ dan anggota staf yang mendirikan Radio Komunitas San Francisco setelahnya, semangat bentuk bebas KUSF lama akan kembali ke gelombang udara kota dalam beberapa minggu sebagai FM berdaya rendah. stasiun radio dengan frekuensi baru dan surat panggilan, KXSF 102.5.

KXSF, Stasiun Radio Baru Dengan Sikap Akrab Yang Sudah Tayang

savekusf – Damin Esper, bagian dari kelompok inti orang yang memimpin upaya untuk mengaktifkan dan menjalankan stasiun baru, mengatakan rencana untuk menyalakan pemancar setelah beberapa penundaan adalah puncak dari negosiasi selama tujuh tahun, kampanye penggalangan dana, dan tekad yang kuat. “Ini adalah hal paling memuaskan yang pernah saya lakukan,” katanya, beristirahat dari persiapan di markas KXSF di Light Rail Studio di distrik Bayview San Francisco. Itu juga menghancurkanku.

Masih banyak yang harus dilakukan seperti mengunci polis asuransi stasiun, mengatur serangkaian pesta peluncuran, menandatangani sewa pemancar di Menara Sutro dan, yang paling mendesak, menguraikan manual untuk sistem peringatan darurat. Tanggal tayang yang diantisipasi pada Selasa, 10 Juli, dibatalkan pada menit terakhir karena masalah teknis. Tapi, dengan tekad radio perguruan tinggi yang sebenarnya, Esper tampaknya tidak terlalu peduli untuk sampai ke sana.

“Kami tidak seperti iHeartRadio atau Clear Channel, di mana semuanya direncanakan hingga detik dan semuanya diuji dan siap digunakan,” katanya. Kami terbang di kursi celana kami. Carolyn Keddy, yang selama 20 tahun memperkenalkan pendengar Bay Area ke aksi bawah tanah seperti Mumi dan Wanita Sampah dari bekas rumah stasiun di Universitas San Francisco, dengan jelas mengingat hari dia dikunci dari studio itu. “Saya muncul di stasiun untuk melakukan pertunjukan saya, dan penjaga tidak mengizinkan saya masuk,” katanya.

Baca Juga : Stasiun Radio Komunitas San Francisco Merayakan Peluncuran

Pejabat universitas telah menjual frekuensi 90,3 FM KUSF ke stasiun musik klasik KDFC tanpa peringatan, menarik stasiun tersebut untuk pertama kalinya sejak 1977 tanpa memberikan kesempatan kepada staf sukarelawan yang berdedikasi untuk mengucapkan selamat tinggal kepada pendengar. Sementara sejumlah tokoh dari KUSF lama bertahan untuk menjalankan stasiun streaming KUSF-in-Exile (universitas mempertahankan surat panggilan KUSF untuk versi online stasiun radio yang dikelola mahasiswa), sebagian besar pindah sementara nasib stasiun ditahan dalam birokrasi. Stasiun baru, kata Esper, tidak akan menjadi KUSF 2.0.

“Ini bukan San Francisco yang ada tujuh tahun lalu, apalagi 10 atau 20 tahun lalu,” katanya. Ini bukan skena musik yang sama. Komunitas yang kurang terlayani berbeda. Seharusnya hanya terdengar sama dalam betapa berbedanya kedengarannya. Artinya KXSF akan terus menawarkan program yang tidak akan pernah didengar pendengar di radio komersial. Pemrograman saat ini menawarkan punk rock, Americana, death metal, musik Brasil, dan semua yang ada di antaranya. Fans dapat mendengar pratinjau di live streaming online di suatu websitenya

Di samping veteran KUSF termasuk Irwin Swirnoff dan Henry Wimmer, pembawa acara termuda stasiun tersebut adalah saudara Lucas “DJ Panda” Cecil, 8, dan Colin “DJ Flying Japan” Cecil, 11, yang memproduksi acara rock alternatif berturut-turut pada Sabtu pagi. Ibu mereka, Fari Aghaorabi, menyajikan tiga program setiap minggunya, satu menampilkan musik baru dari Prancis, satu lagi didedikasikan untuk musik gitar instrumental dan yang ketiga menampilkan karya klasik.

“Dengan semua yang terjadi di San Francisco, saya pikir komunitas kami membutuhkan program yang beragam seperti ini,” katanya. Kami adalah bagian dari identitas yang tidak boleh dihapus. Upaya untuk kembali ke siaran radio mendekati kenyataan pada tahun 2016, setelah penyelenggara membentuk organisasi nirlaba mereka sendiri dan bekerja sama dengan San Francisco Public Press, yang pada akhirnya akan berbagi frekuensi 102,5 FM dengan KXSF menggunakan surat panggilan KSFP.

Tanpa ditambatkan ke universitas, stasiun tidak akan lagi menghadapi risiko steker dicabut secara tidak terduga. Tapi itu juga berarti bahwa organisasi nirlaba harus menjaga keberlanjutannya. Dari tujuan penggalangan dana awal sebesar $80.000, kru Radio Komunitas San Francisco berhasil mengumpulkan $60.000 untuk kembali mengudara dengan bantuan penjamin emisi, bisnis lokal, dan donor swasta.

Rencananya adalah untuk meluncurkan on-air drive untuk membantu mengumpulkan cukup uang untuk menjalankan stasiun selama tiga tahun pertama operasi sambil mengeksplorasi opsi untuk dukungan keuangan jangka panjang. “Tidak ada gunanya hanya mengudara,” kata Esper. Itu hanya akan sia-sia jika dalam beberapa tahun ke depan itu berkembang, dan kami membangunnya menjadi sesuatu yang menurut orang-orang adalah hal paling keren di San Francisco, seperti KUSF dulu.

Esper mengatakan dia berharap untuk mengembalikan stasiun ke hari-hari ketika Anda dapat mendengar ledakan punk rock dari setiap jendela di Chinatown pada pukul 17:45 karena orang-orang mendengarkan Radio Bintang China pada pukul 6 sore. “Ini adalah kesempatan untuk sekali lagi menjangkau banyak orang yang tidak mendengarkan kami di komputer,” kata Aghaorabi. Tepatnya, pertunjukan pertama saat KXSF ditayangkan adalah milik Keddy. “Saya tidak bisa melakukan pertunjukan terakhir itu, dan sekarang saya bisa melakukan yang pertama,” katanya.