KXSF(LP) Diluncurkan di San Francisco, Menghidupkan Kembali Semangat KUSF

KXSF(LP) Diluncurkan di San Francisco, Menghidupkan Kembali Semangat KUSF – Kesempatan langka untuk menyaksikan debut stasiun radio terestrial di San Francisco, pesta FM berdaya rendah yang meriah tumpah ke ruang yang berdekatan di Lightrail Studios, ruang rekaman musik dan latihan yang menampung KXSF(LP).

KXSF(LP) Diluncurkan di San Francisco, Menghidupkan Kembali Semangat KUSF

savekusf – Sementara relawan KXSF, pendengar dan pihak berkepentingan lainnya menggigit pizza dan menyesap anggur, seorang videografer berkeliaran, menjadi saksi peluncuran. Meskipun ini adalah stasiun radio LPFM yang benar-benar baru, kisah Radio Komunitas San Francisco telah menarik perhatian lokal dan nasional karena hubungannya dengan mantan stasiun radio perguruan tinggi KUSF.

Melansir radioworld, Stasiun radio perguruan tinggi yang sangat dicintai, KUSF, mengoperasikan 90,3 FM di San Francisco dari 1977 hingga awal 2011. Pemegang lisensi, University of San Francisco, memilih untuk menyerahkan kendali atas gelombang udaranya, dan akhirnya menjual sinyal 90,3 FM ke Classical Public Radio Network untuk digunakan sebagai stasiun musik klasik bermerek KDFC.

Baca juga : Denda $50,000 Menyelesaikan Transfer KUSF di San Francisco

Hari ini, lisensi dipegang oleh University of Southern California dan frekuensi 90,3 terus membawa program KDFC. Surat panggilan (berubah dari KUSF menjadi KOSC pada 2012) berubah menjadi KDFC pada 2017.

Bahkan setelah KUSF meninggalkan dial FM, KUSF.org tetap, pada awalnya menayangkan loop musik pasca-shutdown. Pada tahun 2012, mahasiswa di Universitas San Francisco menjalankan dan memprogram KUSF.org sebagai stasiun radio online, yang masih hidup dan sehat hingga saat ini.

Sebelum 2011, KUSF(FM) memiliki daftar pemrogram yang berkisar dari mahasiswa hingga sukarelawan anggota komunitas yang sudah lama. Hilangnya stasiun FM disambut dengan kemarahan, kesedihan dan protes. Meskipun universitas tidak goyah dalam keputusannya untuk melepaskan lisensi, para penggemar radio yang berkomitmen, termasuk banyak mantan sukarelawan dan DJ KUSF, memutuskan untuk kembali mengudara.

Setelah membentuk Radio Komunitas San Francisco nirlaba, grup tersebut mengajukan permohonan izin FM berdaya rendah baru di 102,5 FM pada dial radio San Francisco yang ramai.

Radio Komunitas San Francisco — KXSF(LP) — dan San Francisco Public Press — KSFP(LP) — menang dan diberikan izin konstruksi untuk fasilitas timeshared pada Juli 2016. Dua tahun kemudian, KXSF(LP) siap diluncurkan, sementara KSFP(LP) sedang mempersiapkan debutnya yang dijadwalkan pada Juli 2019.

Setelah mengatasi gundukan dokumen dan tantangan teknik, KXSF mengatur siaran perdananya untuk 4 September pada siang hari. Saat sirene darurat mingguan San Francisco meraung pada pukul 12 malam, pendengar yang bersemangat bersandar ke boombox di kantor pusat stasiun – dan disambut dengan statis. Tidak terpengaruh, pesta dan program berlangsung sebagai ahli teknis menyelesaikan masalah di belakang layar.

Papan nama KXSF(LP) di luar studio

Insinyur KXSF dan anggota dewan Bill Ruck menjelaskan, “Kami telah memeriksa dan menguji pemancar selama beberapa minggu, dan kami pikir kami telah mengusir gremlin. Selasa pagi, saya memeriksa pemancar sekitar jam 10 pagi dan menyadari bahwa tidak ada modulasi.”

Rekan anggota dewan dan pakar TI KXSF, Ted Dive, melakukan beberapa pemecahan masalah, mencoba membuat audio bekerja dengan Comrex BRIC-Link II stasiun.

Dive menceritakan, “Pada saat itu, saya hanya mencoba untuk ‘berhasil,’ dan tentu saja, saya kecewa, tetapi saya tahu kami akan menyelesaikannya. Bekerja dengan staf menara Sutro yang baik, kami pikir masalahnya adalah gangguan frekuensi radio — RFI — yang menyebabkan peralatan jaringan kami di kabinet menjadi miring. Salah satu hal yang saya pelajari selama latihan ini adalah bahwa kabel Ethernet dapat bertindak sebagai antena, yang dapat membuat masalah konektivitas yang sulit didiagnosis.”

Dalam seminggu, pada 10 September, KXSF mengudara di 102,5 FM. Mengenai perbaikannya, Dilly mencatat bahwa, “Bill telah mengerjakan ulang kabel di kabinet kami untuk melindungi semuanya dengan lebih baik dari RF yang mengambang bebas, dan sejauh ini, semuanya tampak sangat stabil.”

Untuk saat ini, KXSF adalah satu-satunya stasiun di 102,5 FM di San Francisco, menayangkan programnya dari pukul 10 pagi hingga 4 sore. dan mulai jam 10 malam. sampai jam 4 pagi setiap hari. Ketika San Francisco Public Press siap diluncurkan, programnya akan berjalan selama jam-jam yang tersisa. Untuk saat ini, pemancar mati secara otomatis selama jam non-siaran.

Pengaturan yang tidak biasa, KXSF beroperasi pada daya 2 Watt yang sangat kecil karena lanskap San Francisco yang rumit dan dipenuhi bukit. Ruck mencari lokasi sentral di kota agar pemancar menjangkau sebanyak mungkin pendengar, memilih Sutro Tower.

“Masalahnya, bagian tengah San Francisco lebih tinggi daripada tepinya karena Twin Peaks, Mt. Sutro, Gn. Davidson, dll, jadi bahkan pada ketinggian terendah yang bisa kami gunakan di Sutro Tower, tingkat kedua, ERP kami menjadi 2 Watt, ”jelas Ruck.

NAIK DAN BERJALAN

Beberapa minggu setelah peluncuran di pertemuan KXSF lainnya, para sukarelawan bertukar cerita tentang mendengarkan laporan, berbicara dengan tempat-tempat di mana mereka secara tak terduga mendengar stasiun di FM dan menunjukkan gangguan dari penyiar yang jauh. Saat Radio Komunitas San Francisco menempati rumah 102,5 FM-nya, ia juga menjalankan program online 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.

Sekretaris dan anggota dewan Radio Komunitas San Francisco Carolyn Keddy adalah seorang DJ KUSF veteran dan mulai berupaya untuk mengudara kembali mulai tahun 2011.

Senang telah mencapai titik ini, dia berbagi, “Saya menantikan rasa kebersamaan yang kami miliki dengan stasiun lama. Orang tidak benar-benar menelepon ke stasiun radio internet karena Anda biasanya mendengarkan di tempat kerja di bilik Anda atau mendengarkan di headphone saat bepergian. Tetapi orang-orang mendengarkan radio di rumah atau di mobil atau di luar, dan jika Anda mendapat dorongan untuk menelepon, Anda bisa dan melakukannya. Saya menantikan lebih banyak permintaan dan hanya mendengar dari lebih banyak pendengar.”

Daftar saat ini sekitar 30 pertunjukan termasuk campuran musik petualangan dan program bincang-bincang, pertunjukan dua bahasa, pertunjukan musik yang dipandu oleh anak-anak, dan program teater radio.

Direktur Program/Direktur Eksekutif Steve Zweig mengatakan, “Konten unik sangat dianjurkan. Untuk acara musik, fokus pada musik lokal, musik baru, dan musik underground adalah penting — ini adalah pernyataan misi kami.”

Mengenai perjalanan panjang Radio Komunitas San Francisco ke FM, Keddy mengungkapkan rasa terima kasihnya, mencerminkan, “Saya menghargai semua yang telah dilakukan semua orang untuk membuat kami kembali mengudara. Ada begitu banyak orang, grup, band, organisasi, dan bisnis selama bertahun-tahun yang telah membantu sehingga sulit untuk berterima kasih kepada semua orang dalam satu kesempatan, tetapi saya akan melakukannya setiap kali saya mendapatkan kesempatan. Terima kasih San Francisco, dan dunia, karena tetap bersama kami dan membawa kami ke sini! Hore untuk radio komunitas!”

Jennifer Waits adalah salah satu pendiri Radio Survivor dan rekan peneliti di Satuan Tugas Pelestarian Radio Perpustakaan Kongres. Dia secara obsesif mengunjungi stasiun radio, yang dia ceritakan di blognya Spinning Indie. Seorang DJ radio perguruan tinggi sejak 1980-an, dia berada di empat stasiun dan telah menjadi pembawa acara musik di KFJC(FM) sejak 1999.