Mengunjungi KUSF alias Radio Komunitas San Francisco

Mengunjungi KUSF alias Radio Komunitas San Francisco – Tepat sebelum jam 10 pagi pada hari Selasa, 18 Januari 2011, DJ KUSF Schmeejay mendapat tepukan di bahu dan diarahkan untuk meninggalkan studio. Tanpa sepengetahuannya, stasiun radio kampus (lihat tur saya tahun 2009) akan dihentikan siarannya untuk persiapan pemindahannya ke pemilik baru.

Mengunjungi KUSF alias Radio Komunitas San Francisco

savekusf – Kami segera mengetahui bahwa Universitas San Francisco berencana untuk menjual lisensi 90,3 FM ke Jaringan Radio Publik Klasik sebagai bagian dari kesepakatan rumit yang akan memindahkan stasiun musik klasik komersial sebelumnya KDFC ke 90,3 FM non-komersial.

Dikutip dari radiosurvivor, Relawan, penggemar, dan pendukung KUSF marah dan pertempuran panjang pun terjadi (yang kami catat) untuk masa depan 90,3 FM. Protes, pertemuan publik, kampanye penulisan surat, unjuk rasa di Balai Kota San Francisco, dan pengajuan hukum hanyalah bagian dari upaya keseluruhan untuk menjaga KUSF tetap di atas gelombang udara terestrial.

Baca juga : Radio Komunitas KUSF San Francisco Akan Kembali Mengudara

KUSF-in-Exile Diluncurkan pada Maret 2011

Pada Maret 2011, untuk menjaga agar radio tetap menyala, KUSF-in-Exile diluncurkan dari lokasi di luar kampus di Light Rail Studios di Distrik Bayview San Francisco. Awalnya didukung oleh WFMU (yang menawarkan untuk menjadi tuan rumah streaming web pada awalnya), KUSF-in-Exile adalah cara nyata bagi KUSFers untuk terus melakukan radio.

Setelah studio lama KUSF dihancurkan pada Mei 2011, mahasiswa tidak memiliki stasiun radio dalam bentuk apa pun di kampus hingga peluncuran kembali stasiun radio mahasiswa KUSF.org pada Oktober 2012. Beberapa melakukan perjalanan ke KUSF-in-Exile untuk terus melakukan radio. Pada bulan Juni 2012, FCC memberikan penugasan lisensi KUSF 90.3 FM ke Jaringan Radio Publik Klasik, tetapi bukannya tanpa menghukum mereka karena beberapa kesalahan (dengan denda kolektif $ 50.000). Hari ini, Classical Public Radio Network menayangkan program bermerek KDFC melalui 90,3 FM, dengan surat resmi KOSC yang baru.

Setelah pengalihan lisensi, banding hukum berlanjut.

Tur Radio Komunitas KUSF-in-Exile/San Francisco pada tahun 2015

Saya telah mengunjungi KUSF-in-Exile beberapa kali selama 4 tahun terakhir, tetapi tidak pernah menulis posting “perjalanan lapangan” resmi. Jadi, terinspirasi oleh peringatan penutupan KUSF, saya mampir ke Radio Komunitas KUSF-in-Exile/San Francisco untuk melihat sedikit tugas DJ Schmeejay dari program “Sunday Night Spotlight”.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, DJ Schmeejay mengudara ketika KUSF ditutup pada 18 Januari 2011, jadi sudah sepatutnya dia kembali ke studio untuk ulang tahun. Dia telah menjadi DJ reguler di KUSF-in-Exile di masa lalu, tetapi, hingga Minggu malam, tidak melakukan pertunjukan di sana sejak Juni 2013.

Saya tiba di KUSF-in-Exile/SFCR pada hari Minggu, 18 Januari 2015 sekitar pukul 17:30, segera setelah DJ Schmeejay tiba untuk mempersiapkan pertunjukannya. DJ Terry Dactyl mengudara, melakukan program “Soul Shakedown” -nya. Kami semua mengobrol sebentar di studio dan kemudian dibangunkan oleh suara dering telepon studio yang keras selama salah satu jeda mikrofon Terry Dactyl. Saya diberitahu bahwa mereka memiliki instruksi eksplisit untuk tidak mengecilkan atau mematikan dering, karena ada kekhawatiran DJ tidak akan melihat panggilan telepon masuk.

Ternyata telepon itu dari pengunjung lain, yang berada di pintu stasiun. Jeff, pendengar lama KUSF, hanya mampir untuk menunjukkan dukungannya terhadap stasiun tersebut. Dia menyebutkan bahwa dia memiliki setiap barang promosi KUSF yang pernah diproduksi dan berbagi kenangan mendengarkan stasiun saat dia masih menjadi mahasiswa di USF.

Saya belum pernah ke KUSF-in-Exile selama beberapa tahun, tetapi sebagian besar sama, meskipun tampaknya sedikit lebih nyaman dengan lebih banyak karya seni di dinding. Ada beberapa sofa, beberapa lemari berlapis stiker dari zaman KUSF, rak-rak yang menampung CD, piringan hitam, dan piringan hitam, dan beberapa artefak budaya pop yang menyenangkan (termasuk tengkorak stasiun radio yang sering dimata-matai).

Stasiun ini bertempat di sebuah studio terbuka yang terhubung dengan ruang latihan/rekaman Light Rail Studios (yang merupakan pemilik stasiun). Karena itu, seringkali ada kesempatan bagi band-band rekaman untuk mampir ke stasiun untuk melakukan wawancara atau live set.

Pada pukul 6 sore DJ Schmeejay meluncurkan acaranya, memulai sesuatu dengan lagu Vangelis yang terputus di tengah jalan pada 18 Januari 2011. Setelah itu, ia memainkan “Father Figure” versi George Michael yang diperlambat. tunggal 45rpm pada 33rpm. Itu adalah lagu yang menyeramkan dan dia mendedikasikannya untuk mantan Presiden USF Pastor Privett.

Saya bertanya kepada DJ Schmeejay bagaimana rasanya mengudara 4 tahun setelah penutupan dan apakah dia memikirkan hari itu. Dia mengatakan kepada saya bahwa meskipun dedikasinya yang tajam di udara, dia benar-benar tidak terlalu memikirkan masa lalu. Dia berkata, “Saya tidak pahit lagi,” menambahkan, “Saya tidak benar-benar terpaku pada hari itu 4 tahun yang lalu.”

Kembali ke kesibukan setelah 18 bulan absen dari radio, DJ Schmeejay berbicara tentang kecintaannya pada radio. Dia mengatakan bahwa rasanya “anehnya akrab” untuk kembali dan mengatakan kepada saya bahwa dia bersemangat untuk menarik rekaman untuk pertunjukannya dan mengatakan dia “senang membawa mereka keluar dari rumah.” Pada pertunjukan Minggu malam, dia tidak memainkan apa pun selain piringan hitam, mulai dari 45rpm Prancis vintage yang indah oleh seorang anak ajaib pop hingga Kuartet Barbershop Buffalo Bill hingga beberapa karya dengan nama yang lebih dikenal seperti Ofra Haza dan Bow Wow Wow.

Setelah mengudara untuk sementara waktu, DJ Schmeejay tiba untuk menemukan bahwa kredensial login komputernya telah kedaluwarsa. Karena itu, ia menyimpan daftar putar kertas jadul dari lagunya, meskipun sebagian besar daftar putar KUSF-in-Exile diarsipkan di Spinitron.

Meskipun awalnya dikenal sebagai KUSF-in-Exile, stasiun ini juga disebut San Francisco Community Radio (SFCR), nama resmi dari kelompok nirlaba yang berharap untuk mendapatkan lisensi FM berdaya rendah (LPFM) baru di San Francisco. .

Tanya Jawab Forum Radio Komunitas San Francisco

Ada diskusi luas tentang stasiun tersebut selama 2 jam “Forum Tanya Jawab” (dengarkan podcastnya di sini) yang ditayangkan tepat setelah pertunjukan DJ Schmeejay. Saya mendengarkan setelah meninggalkan stasiun dan mendengar lebih banyak tentang rencana LPFM stasiun dan tentang keadaan stasiun saat ini.

Baca juga : Acara Radio Rush Limbaugh Akan Diambil Alih Oleh Clay Travis

Selama forum, para peserta berbicara tentang bagaimana ada total 8 kelompok yang mendaftar untuk frekuensi LPFM yang sama 102,5 FM (lihat lebih detail tentang pelamar asli di posting kami dari 2013) di San Francisco dan sekarang turun menjadi 4 kelompok dalam kompetisi.

Selain mengajukan LPFM, KUSF-in-Exilers masih menjajaki opsi lain untuk kembali mengudara. Sebuah petisi hukum untuk menghentikan penjualan KUSF masih dalam ketidakpastian dan ada juga kemungkinan bahwa mereka dapat memperoleh frekuensi kekuatan penuh lainnya di San Francisco Bay Area.