Stasiun Radio Baru, Lahir Dari KUSF San Francisco

Stasiun Radio Baru, Lahir Dari KUSF San Francisco – Lebih dari lima tahun setelah 90.3 KUSF mengudara, mantan stafnya telah berhasil mengamankan frekuensi FM lain dan akan membawa kembali versi program komunitasnya ke radio.

Stasiun Radio Baru, Lahir Dari KUSF San Francisco

savekusf – Jumat lalu Komisi Komunikasi Federal (FCC) memilih San Francisco Community Radio (SFCR), sebuah organisasi nirlaba yang dimulai oleh staf KUSF, dan San Francisco Public Press untuk menjalankan stasiun FM berdaya rendah di dalam batas kota. Kedua organisasi harus berbagi frekuensi, 102,5 FM, tetapi keputusan berarti bahwa, kecuali banding oleh kelompok yang ditolak lisensinya, stasiun radio San Francisco yang pernah berpengaruh akan kembali mengudara.

Dikutip dari kqed.org, KUSF dimulai pada tahun 1963 di University of San Francisco (USF) sebagai stasiun AM yang dikelola mahasiswa saja, sampai ditawarkan stasiun FM sepuluh tahun kemudian. Kemudian menjadi stasiun pendidikan non-komersial, dan programnya dibagikan oleh siswa dan penduduk setempat, yang memadukan berbagai macam musik dengan berita dan acara budaya, banyak di antaranya dalam bahasa lain (Cina, Polandia, dan 11 lainnya).

Baca juga : Mengunjungi KUSF alias Radio Komunitas San Francisco

“Kami melayani sebagian masyarakat yang belum benar-benar memiliki saluran siaran,” kata bendahara SFCR Damin Esper. “Ada begitu banyak hubungan simbiosis di sana. Kami menyiarkan acara dalam bahasa Polandia; di mana bahasa Polandia di radio komersial atau non-komersial sekarang?”

Stasiun ini memulai program 24 jam pada tahun 1981, dan akan terus menerima beberapa penghargaan dan pengakuan atas karyanya, termasuk Walikota San Francisco Willie Brown menyatakan 25 April 1998 — ulang tahun stasiun yang ke-35 — sebagai “KUSF 90.3 FM Stereo Hari Di San Francisco.”

KUSF tiba-tiba lepas landas pada Januari 2011 setelah USF menjual lisensinya ke perusahaan milik University of Southern California yang menjalankan stasiun klasik. Frekuensi lama KUSF sekarang ditempati oleh KDFC, “stasiun radio klasik yang didukung pendengar di Bay Area.”

Mantan staf KUSF berjuang untuk menjual tetapi kalah, namun mereka membuat program tetap hidup dengan stasiun online yang disebut “KUSF di Pengasingan.” Kemudian pada tahun 2013, stasiun tersebut mengajukan izin FM dan setelah tiga tahun, sebuah keputusan menguntungkan mereka.

Baca juga : 10 Acara Radio Dan Podcast Internet Amerika Teratas

Sekarang kedua grup – SFCR dan San Francisco Public Press – memiliki waktu hingga 22 Juli untuk menentukan grup mana yang akan mengudara pada jam berapa dan jika tidak, FCC akan memutuskannya. Mereka juga akan memiliki waktu dua tahun untuk mendirikan pemancar dan mengumpulkan dana untuk semua peralatan baru, yang merupakan tantangan karena sinyal tidak akan mencapai jauh di luar batas kota.

“Kami tidak akan membuat jutaan orang mendengarkan, tetapi kami akan menyerang beberapa kelompok yang tidak diwaralabakan oleh radio siaran di tempat lain, dan itulah tujuannya,” kata Esper.

Savekusf.org - Informasi Tentang KUSF San Francisco